Beranda Peristiwa Daun Dewadaru Obat Segala Penyakit

Daun Dewadaru Obat Segala Penyakit

41
1

Tanaman dewadaru yang ditanam karyawan Jawa Pos Radar Kudus di depan Kecamatan Karimunjawa memiliki banyak khasiat. Sudah banyak orang yang mencobanya. Karena itu, tanaman langka tersebut semakin diburu.
Khasiat daun tanaman itu antara lain, sebagai anti radikal bebas, meningkatkan sistem imun, mencegah kanker, mengurangi rasa sakit, mengobati diare, rematik, menurunkan tekanan darah, kolesterol, sebagai anti bakteri, mencegah osteoporosis, melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah stroke.
Karyawan Radar Kudus menanam dewadaru di depan kantor kecamatan setahun lalu. Tujuannya untuk melestarikan karena semakin langka. Dulu hanya sekitar 40 centimeter. Kini hampir dua kali lipat.
Indra Sutanto, wisatawan dari Kudus, sudah mendengar khasiat tanaman tersebut. Dia sudah lama mempelajari. “Buahnya semula hijau kemudian setelah tua menguning dan akhirnya merah. Setelah kehitaman buah itu jatuh,” ujarnya.
Dia melihat tanaman tersebut ketika direktur Radar Kudus meninjaunya minggu lalu. “Mungkin sebentar lagi sudah berbuah,” tambahnya. (Baehaqi)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here