Beranda Berita Daerah Kucurkan Rp 1,7 Miliar untuk Penataan Lahan Garam

Kucurkan Rp 1,7 Miliar untuk Penataan Lahan Garam

47
0

KOTA – Dana sekitar Rp 1,7 miliar dikucurkan pemerintah pusat untuk penataan lahan garam di Rembang. Total lahan yang ditata seluas 132 hektare tersebar di lima desa. Semuanya di Kecamtan Kaliori.
Integrasi atau penataan lahan tambak garam masih menjadi prioritas pemerintah. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas garam. Apalagi, Rembang jadi salah satu produsen garam besar di level nasional.
Kabid Perikanan dan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kabupaten Rembang Sofyan Cholid mengungkapkan, anggaran untuk integrasi lahan berasal dari Tugas Pembantuan (TP) pemerintah pusat.Total ada lima desa yang tahun ini mendapat jatah dari program integrasi lahan.
Semuanya berada di Kecamatan Kaliori. Yakni. Desa Dresi Kulon, Desa Tambakagung, Desa Mojowarno, Desa Purworejo dan Desa Karangsekar. Dari lima desa itu, total lahan tambak garam yang ditata seluas 132 hektare.
Masyarakat bisa mengajukan lahan untuk ditata lewat program tersebut. Pengajuannya lewat koperasi yang dikelola para petani garam. Salah satu konsekuensinya, pemilik lahan harus bersedia menyesuaikan desain integrasi lahan yang sudah ditentukan.
”Nanti lahannya kan disesuaikan dengan desain penataan itu. Untuk menghasilkan garam yang banyak dan bagus,” ungkapnya.
Selain itu, Pemkab Rembang juga sudah mempunyai gudang penampungan garam nasional. Untuk menampung garam dari para petani di Kabupaten Rembang. Gudang yang mampu menampung 2.000 ton garam itu berada di Desa Purworejo, Kaliori. (lid/ali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here