Beranda Peristiwa Jangan Lewatkan Pesta Tumpeng di Simpang Tuju

Jangan Lewatkan Pesta Tumpeng di Simpang Tuju

76
0

Pesta Tumpeng di Simpang Tuju Kudus
Walaupaun pelantikan bupati dan wabup mundur, rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Kudus tetap sesuai agenda. Dimulai hari ini (20/9). Puncak acara pesta tumpengan digelar pada Sabtu (22/9). ”Perayaan Hari Jadi Kota Kudus sesuai agenda. Tak ada terpengaruh pelantikan bupati. Mulainya besok (malam ini, Red) khomil Alquran dan santunan anak yatim. Keduanya dilaksanakan di Pendapa Kudus, ” ujar Ali Rifai, asisten II Setda Kudus.
Ia mengatakan, peringatan hari jadi ini dilaksanakan untuk nguri-nguri tradisi Kota Kretek. Pasalnya Hari Jadi Kota Kudus jatuh pada 23 September. ”Untuk puncak acara kami gelar pada malam Minggu (23/9). Pada Sabtu (22/9) malam pesta tumpengan rakyat digelar di Alun-alun Simpang Tujuh,” jelasnya. Seluruh elemen masyarakat Kudus diundang untuk menghadiri acara tersbeut.
Dijelaskan, tumpeng-tumpeng tersebut merupakan hasil pemberian dari berbagai elemen masyarakat. Ada dari instansi kecamatan hingga desa, ormas serta para relawan. Tumpeng akan disusun di sekitar lapangan Alun-alun Kudus untuk dikepung dan dinikmati masyarakat.
Sementara itu, Minggu (23/9) diadakan tahlil di tajug Menara Kudus. Sedangkan Sabtu malam (29/9) ada pagelaran wayang sekaligus pencanangan ikat kepala.
HUT ke 469 Kota Kudus ini mengangkat tema Dengan Hari Jadi Kota Kudus ke 469, Kita Wujudkan Kudus yang Religius, Modern, Cerdas, Berkah. Menutup rangkaian peringatan hari jadi tersbeut, akan diselenggarakan pagelaran wayang pada Sabtu malam (29/9) di Alun-alun Kudus. Yakni pagelaran wayang dengan lakon Amarta Binangun oleh dalang Ki Mantep Soedarsono dan dalang Ki Tatut Sutanto bersama 50 sinden. (ela/daf/zen)
Selengkapnya baca koran Radar Kudus 20 September 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here