Beranda Kudus Penyerapan Beras Bulog Lambat

Penyerapan Beras Bulog Lambat

14
0
BERI SOLUSI: Bupati Kudus M Tamzil menyurvei gudang Bulog di Kecamatan Kaliwungu, Kudus, kemarin.

KUDUS – Penyerapan beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Kudus belum tercapai. Dari target yang ditetapkan tahun ini sebanyak 8.000 ton, saat ini Bulog baru menyerap sekitar 3.600 ton.

Kepala Perum Bulog Subdivre Pati Muhammad Taufiq, mengatakan, penyerapan memang agak tersendat. Dan bulan ini harus sudah terdistribusi semua. Di gudang Bulog tumpukan beras terlihat penuh.

”Kami evaluasi, salah satu faktor penyebab penyerapan Bulog lambat, dikarenakan bantuan beras miskin (raskin) sudah tidak ada. Dialihkan dalam bentuk nontunai, tapi penyuplai beras bebas. Bisa dari luar Bulog,” ungkapnya.

Adanya kendala inilah, Bupati Kudus Muhammad Tamzil melakukan survei ke gudang Bulog yang berada di Kecamatan Kaliwungu. Bupati yang berpasangan dengan Hartopo ini, meninjau langsung kualitas beras.

Dia mengaku bersedia membantu mendistribusikan beras dari Bulog. ”Kami ada program pasar murah di desa-desa. Mungkin bisa mengambil beras dari Bulog. Bisa saja jualan di CFD (car free day). Termasuk membawa contoh beras ke lingkungan pegawai Pemkab Kudus. Siapa tahu ada yang berminat membeli,” ungkapnya.

Dia menuturkan, apalagi kebijakan baru bahwa Bulog harus menyalurkan secara mandiri. Sebab, tidak lagi diperbolehkan menyalurkan lewat program beras sejahtera (rastra) bagi masyarakat.

Saat ini, stok beras di gudang Bulog Kudus masih 3.100 ton. Terdiri dari 2.350 ton beras premium dan 744 beras medium. Persediaan itu, mampu bertahan hingga Mei 2019 mendatang.

Ditambahkan, terkait dengan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Dinas Sosial P3AP2KB, Bulog juga perlu diberi kesempatan. Sebab, sebelumnya juga memiliki Rumah Pangan Kita yang menyediakan aneka kebutuhan pokok seperti yang dibutuhkan penerima manfaat dari BPNT.

”Kami sudah pertemukan dengan Kepala Dinsos P3AP2KB secara langsung, agar bisa saling kerja sama. Harapannya dapat membantu pendistribusian beras yang ada di gudang Bulog Kudus,” harapnya. (san/lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here