Beranda Jepara Manfaatkan Limbah Kayu Jadi Alat Peraga

Manfaatkan Limbah Kayu Jadi Alat Peraga

14
0

PAKISAJI – Tahun ini, Unisnu Jepara mendapat Program Hibah Bina Desa (PHBD). Dalam pelaksanaannya, tim PHBD memanfaatkan limbah kayu menjadi alat peraga edukatif (APE) untuk siswa PAUD. Kini, program tersebut telah dijalankan dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

Setelah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat selama lebih enam bulan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Industri telah sampai pada tahapan akhir dalam melaksanakan Program Hibah Bina Desa (PHBD). Tim PHBD Unisnu 2018 bersama dosen pembimbing Dwi Retna Sulistyawati dan Kepala Program Studi Teknik Industri Moh. Choiru Zulfa melakukan evaluasi kinerja Program Hibah Bina Desa di laboratorium Teknik Industri Selasa (16/10).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi semua kekurangan program. Juga persiapan monitoring dan evaluasi pada pekan kedua Oktober sampai pekan kedua November 2018. Pokok pembahasan ditekankan pada pelatihan manajemen dan pengembangan produk, serta persiapan semua kebutuhan monitoring dan evaluasi dari pihak Dikti.

Unisnu berhasil mendapatkan hibah PHBD melalui proposal “Desa Binaan Berbasis Eko Kreatif APE (Alat Peraga Edukatif) dari limbah kayu sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di Desa Lebak Pakis Aji Jepara”. Dalam pelaksanaan PHBD tahun ini, tim PHBD Unisnu juga membentuk tim pengelola. Terdiri dari tim PHBD dan karang taruna dalam menjalankan rumah produksi selama pelaksanaan program Hibah Bina Desa.

Alat Peraga Edukasi yang dibuat oleh tim PHBD Unisnu adalah mainan yang terbuat dari bahan limbah kayu. Mainan tersebut berfungsi sebagai sarana penunjang dalam proses belajar mengajar PAUD. Dipilihnya APE ini merupakan bentuk nyata atas kepedulian tim PHBD Unisnu atas pentingnya pendidikan pola kreatif untuk anak usia dini.

”Selain melatih pola kreatif, dipilihnya bahan dasar limbah kayu juga berdasarkan atas nilai ekonomis dan juga meningkatkan nilai fungsi dari limbah kayu tersebut,” ujar Ketua tim PHBD Zamzam.

Program-program yang telah dilaksanakan dalam PHBD tahun ini meliputi seminar pewarnaan kayu, pelatihan pemasaran, pengaplikasian pemasaran, pelatihan manajemen, dan jua uji coba ke PAUD Kartini yang ada di Desa Lebak. (war/lid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here