Beranda Kudus Pengguna Elpiji 3 Kg Keluhkan Tak Ada Seal

Pengguna Elpiji 3 Kg Keluhkan Tak Ada Seal

Pemkab Klaim Kelalaian SPBE

14
0
ISI GAS 3 KG: Petugas SPBE melakukan proses pengisian elpiji 3 Kilogram, dan saat ini dikeluhkan pengguna karena tidak ada sil atau karet pelindung lubang keluarnya gas. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

KOTA – Seal tabung berbahan karet sebagai pelindung lubang elpiji, akhir-akhir jarang ditemukan. Padahal tanpa adanya seal ini, tabung gas bisa mengalami kebocoran. Dampak buruknya, tabung gas bisa meledak.

Salah satu pengguna elpiji 3 kg Jatmi mengatakan, sering mendapati tabung gas tanpa seal. Tak heran, saat akan mengganti tabung baru, dia menganggil sela tabung gas yang lama. ”Habis tidak ada pelindungnya,” ungkapnya.

Dia mengaku memiliki warung makan. Setiap harinya harus membeli tiga tabung gas 3 kg. Sayang, sejak sebulan ini, dia sering mendapati tabung gas tanpa seal. ”Cuma takut kalau ada kebocoran gas lalu bledos,” katanya.

Selain itu, dia mengaku, sering merasa jengkel lantaran masakan lama matang. Sebab gas selalu ngosos keluar. ”Ya tolong diperhatikan hal begini ini. Kami pengguna tabung gas kan pasti khawatir kalau ada kebocoran,” jelasnya.

Hal yang sama dialami Malia warga Desa Megawon, Jati, mengeluh sudah beberapa kali membeli tabung elpiji 3 kilogram tanpa adanya sil. Dia merasa ini sangat membahayakan, karena tidak ada pelindungnya.

”Saya ya sedia sil bekas lainnya, terkadang menggunakan sil lainpun juga regulatornya tidak cocok, dan menimbulkan gas ngosos dengan bau yang menyengat. Saya sempat kesal karena terjadi berulang kali,” tandasnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti melalui Kabid Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Imam Prayitno mengatakan, adanya kasus itu sudah membuat laporan tertulis ke pihak stasiun pengisian bahan stasiun pengisian bahan bakar elpiji (SPBE) di Kudus.

”Yang intinya masalah tak adanya seal di tabung agar menjadi perhatian. Ini sudah termasuk kelalaian dari SPBE. Memang bisa membahayakan, kami segera bertindak untuk antisipasi hal tersebut,” ungkapnya. (san/mal)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here