Beranda Kudus Sampaikan Pesan Pajak Melalui Video Animasi

Sampaikan Pesan Pajak Melalui Video Animasi

10
0

Kegiatan Pajak Bertutur KPP Pratama Kudus
KUDUS – Dalam pelaksanaan Pajak bertutur tahun ini, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus memiliki konsep yang berbeda. Kali ini dalampenyampaikan pesan pajak kepada generasi muda, pihaknya menggelar lomba film animasi tentang pajak. SMK Raden Umar Said (RUS) menjadi sekolah yang digandeng dalam kegiatan ini.
Kepala KPP Pratama Kudus Bernadette Ning Dijah Prananingrum mengatakan, dalam kegiatan ini setidaknya ada 50 pelajar yang terlibat. Mereka merupakan siswa dari jurusan animasi di SMK RUS.
”Memang beda dengan konsep di tahun-tahun sebelumnya. Kali ini kami menggelar dua kategori lomba yakni motion grafis dan lomba film pendek. Semuanya bertema tentang pajak,” katanya.
Dalam lomba film pendek ini, diikuti oleh 5 kelompok. Dimana masing-masing kelompok beranggotaka 5 orang. Sedangkan untuk lomba motion grafis dilakukan secar individu dengan jumlah total ada 25 peserta.
”Video animasi dengan durasi 1.5 menit dan untuk motion grafis 30 detik. Selain untuk mengasah keampuan mereka dibidang animasi, kami juga ingin mengetahui bagaimana upaya mereka untuk bisa menyampaikan pesan pajak yang cukup kompleks dengan waktu yang relatif singkat itu. Tentunya dengan kemasan yang menarik,” jelasnya.
Bernadette menjelaskan, tujuan utama kegiatan pajak bertutur ini adalah mengedukasi tentang perpajakan. Bagaimana para generasi muda mulai diperkenalkan tentang pajak, sehingga nantinya mereka menyadari kenapa membayar pajak itu merupakan hal penting.
”Salah satu alasan kami mengapa menyasar siswa SMK yakni karena mereka sebentar lagi a akan memasuki dunia kerja, dan mungkin ada yang nantinya menjadi pengusaha. Jadi paling tidak, mereka sudah mengetahui kalau seorang pengusaha harus membayar pajak,” ungkapnya.
Para pemenag lomba ini, akan mendapatkan pengahargaan berupa dana pendidikan. Tak berhenti sampai itu. Video hasil karya mereka selanjutnya, akan ditampilkan saat sosialisasi pajak.
”Semua peserta kali ini nanti akan terus kami follow up. Karena sasaran kami, mereka akan menjadi agen pajak,” katanya.
Sementara Kepala SMK Raden Umar Said, Fariddudin mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Kudus. Bahkan ia berterimakasih karena telah menjalin kerjasama dengan SMK RUS. Dengan lomba yang digelar, menurutnya dapat membangun imajinasi siswa. Sehinggakemampuan visual animasi mereka akan lebih terasah.
“Kami juga merasa terbantu sebab siswa juga mendapat pengetahuan tentang informasi kenegaraan seperti pajak. Kemasan acara yang bagus ini kami rasa sangat menunjang dengan apa yang menjadi kegemaran siswa. Digelarnya lomba film animasi juga pas dengan apa yang sedang dipelajari dan dikembangkan siswa si sekoalh ini. Semoga kerjasama ini bisa terus berlanjut,” pungkasnya. (daf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here