Beranda Jepara Sembilan Jam Evakuasi Kontainer Terguling

Sembilan Jam Evakuasi Kontainer Terguling

6
0
TERGULING: Proses evakuasi truk kontainer di Jalan Raya Bugel Pecangaan tepatnya di tanjakan Mbah Kesot, Desa Troso, Pecangaan, kemarin. Truk terguling akibat gagal menanjak. (KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

RADARKUDUS.CO.ID; JEPARA – Kecelakaan tunggal terjadi di tanjakan Jalan Raya Bugel Pecangaan, tepatnya di tanjakan Mbah Kesot, Desa Troso, Pecangaan, kemarin. Truk kontainer bernomor polisi P 8293 UX terguling menutup seluruh badan jalan. Kontainer nahas itu mengangkut balok kayu yang akan dikirim ke Desa Rau, Kedung.

Akibatnya kejadian itu akses jalan itu tertutup.  Warga harus memutar mencari jalan alternatif lain. Kejadian tersebut diduga karena kontainer tidak kuat menanjak. Sejak kejadian pada pukul 02.30, truk baru dievakuasi pada pukul 10.00. Sebelum dievakuasi, isi truk dikeluarkan. Kemudian dimuat truk empat kali pengangkutan. Selanjutnya dikirim ke tempat pemesan. “Truk dari arah Pecangaan menuju arah Bugel. Sudah sampai di atas tanjakan tiba-tiba mundur lalu terguling,” ujar warga sekitar Jamal, 35.

Pantauan Jawa Pos Radar Kudus, roses evakuasi kontainer melibatkan dua truk milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Jepara. Truk derek pertama  mencoba menarik bagian kepala kontainer. Namun beban terlalu berat. Sehingga belum bisa diangkat. Kemudian penarikan langsung menggunakan truk kedua dengan mengaitkan baja pada bagian kontainer.

Pada saat penarikan bagian utama kontainer mengalami beberapakali perpindahan posisi pengaitan tali baja. Bahkan ketika mencoba memisahkan bagian kepala kontainer, supir kontainer hampir tertimpa bagian tangki. Karena tali pengait tiba-tiba meleset. Namun beruntung sang sopir segera berdiri menghindar.

Evakuasi dilanjutkan lagi. Petugas mengalami kesulitan lagi setelah besi pengait tali baja terlepas. Petugas mencoba menarik bagian belakang. Bagian truk dan peti kemasnya pun terlepas. Lalu dilanjutkan penarikan bagian kontainer supaya tidak lagi melintang di tengah jalan. Lima belas menit kemudian berhasil dievakuasi.

Pada saat penarikan kendaraan kontainer, tiba-tiba roda bagian belakang lepas. Butuh waktu dua jam mengevakuasi badan kontainer dan peti kemas supaya tidak lagi melintang di jalan. “Kami periksa sopir dan amankan  kendaraan pemeriksaan  lebih lanjut,” tutur petugas SatlantasPolres Jepara Nugroho. (war/zen)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here