Beranda Kudus Baca Asmaul Husna, Lalu Salat Jamaah Tiap Hari

Baca Asmaul Husna, Lalu Salat Jamaah Tiap Hari

90
0

INDAH SUSANTI / RADAR KUDUS

BERJAMAAH: Siswa kelas VI melaksanakan salat dhuhur berjamaah di musala SDN 3 Jepang, Mejobo kemarin (16/1).

KUDUS – Membentuk karakter siswa memiliki cara yang beragam. Salah satunya dengan kegiatan yang sederhana, tapi makna yang dalam bagi peserta didik. Seperti SDN 3 Jepang yang menjadwalkan masing-masing kelas untuk salat berjamaah.

Kepala SDN 3 Jepang Juwarti mengatakan, sejak adanya musala, siswa diajarkan untuk salat berjamaah. Yang menjadi imam dari siswa sendiri. Jadi, setiap hari bergantian salat berjamaah.

”Kami mengajarkan kebiasaan siswa untuk salat berjamaah, supaya di rumah jadi terbiasa. Ini penting, untuk membentuk karakter siswa itu dari perilaku sehari-hari,” ungkapnya.

PEDULI KARAKTER: Kepala SDN 3 Jepang Juwarti membuat terobosan lewat berbagai kegiatan yang mengarah ke pendidikan karakter bagi siswa.

Selain salat berjamaah, setiap pagi siswa juga rutin membaca Asmaul Husna. Pembacaannya dipandu dua siswa dari ruang guru lewat pengeras suara. Sehingga, siswa di semua kelas bisa mendengarkan dan membaca bersama. Siswa juga diajarkan salam kalau masuk ruangan, baik kelas maupun guru. Bertemu guru menyapa dengan salam.

Juju, sapaan akrab Juwati mengatakan, sopan santun harus dibentuk sejak dini, sehingga pada saat berbaur dengan masyarakat di luar sekolah ada unggah ungguhnya. SDN 3 Jepang sendiri mempunyai siswa sebanyak 144 orang. Untuk guru, ada 11 orang. Untuk kegiatan ekstrakurikuler sendiri, ada beberapa pilihan. Seperti membatik, paduan suara, dan pencak silat. (san/lid)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here