Beranda Kudus Terapkan Agrobisnis, Siswa yang Tanam dan Panen

Terapkan Agrobisnis, Siswa yang Tanam dan Panen

76
0

INDAH SUSANTI / RADAR KUDUS

PANEN BARENG: Siswa SDIT Al Kautsar, Mejobo bersama-sama memanen sayur sawi yang ditanam dan dirawat oleh mereka dengan bimbingan para guru.

 

KUDUS – Yayasan Terpadu Ali Bin Abi Tholib SDIT Al Kautsar, Mejobo, memiliki cara yang unik mendidik siswanya. Pembekalan ilmu-ilmu agama tidak perlu diragukan lagi. Namun, pendidikan agrobisnis juga diberikan untuk para siswanya.

Kepala SDIT Al Kautsar Joko mengatakan, peserta didik tidak hanya mendapatkan ilmu akademis, melainkan juga memperoleh keterampilan. Menurutnya, agrobisnis dipilih karena paling tepat untuk mengajarkan anak akan pentingnya ketahanan pangan.

”Anak-anak kami kenalkan berkebun, pembenihan ikan, beternakung gas, dan kambing. Kemudian, siswa juga mengolahnya menjadi makanan jadi yang bisa dijual, pada akhirnya mendatangkan keuntungan,” terangnya.

HASIL PANEN: Siswa SDIT Al Kautsar, Mejobo menunjukkan terong yang selesai dipanen.

Joko menambahkan, siswa memiliki kegiatan untuk agrobisnis setiap Sabtu. Mereka diajak memetik sayur-mayur, memberi makan ikan lele dan memberi makan kambing. Lalu, hasil panen dibagikan ke siswa.

”Seperti beberapa waktu lalu, panen ikan lele kemudian dibagikan ke siswa. Tujuannya,mereka bangga hasil jerih payahnya. Pengetahuan merawat itu juga bisa dipraktikkan di rumah. Inilah pendidikan karakter yang kami tanamkan, sehingga kelak dewasa terbiasa merawat lingkungan sekitar,” tandasnya.

Selain itu, program unggulan di bidang keagamaan SDIT Al Kautsar yakni tahfiz hafalan Al quran juz 30 beserta surat-surat pilihan. Seperti surat Yasin, Al Mulk, dan Al Waqiah. Satu kelas dibimbing dua guru profesional.

Joko menerangkan, jumlah siswa saat ini sebanyak 215 orang. Kemudian guru dan tenaga kependidikan berjumlah 25 orang. ”Alhammdulillah, sekolah kami sudah dikenal luar wilayah Mejobo. Ada yang dari Desa Terban Kecamatan Jekulo, bahkan wilayah Kecamatan Kota mempercayakan anaknya untuk kami didik,” ungkapnya.

SDIT Al Kautsar juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler. Diantaranya dai cilik, pencak silat, tilawah, olimpiade sains nasional (OSN), kewirausahaan islami, menggambar, kaligrafi, seni tari, dan lainnya. ”Siswa, dibekali tidak hanya akademik, tapi juga agama dan skill,” terangnya. (san/lid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here