Beranda Berita Daerah Tahap Penyambungan Jembatan Tanggulangin Capai tahap Ke Enam

Tahap Penyambungan Jembatan Tanggulangin Capai tahap Ke Enam

27
0
PENYAMBUNGAN: Petugas proyek Jembatan Tanggulangin II membantu proses pengangkatan rangka jembatan kemarin.

KUDUS – Proses penyambungan bentang tengah Jembatan Tanggulangin II mulai memasuki tahap pemasangan main gilder (MG) atau kerangka jembatan yang ke 6. Proses tersebut mengakibatkan tersendatnya lalulintas menuju ke Kudus.

Pantauan Jawa Pos Radar Kudus di lapangan, kemacetan menuju arah Kudus terjadi pada pukul 10.00. antrean kendaraan mencapau sekitar 1 km sampai di depan SD 1 Karanganyar. Sedangkan titik kemacetan dari arah Kudus menuju arah Demak tepat terjadi di depan Terminal Kudus.

Sempat terjadi kendala ketika truk pengangkut rangka jembatan tak kuat menahan bebab MG 6 seberat 12 ton. Roda truk sempat terangkat akibat menahan beratnya rangka jembatan. Namun hal itu tak berlangsung begitu lama karena badan truk ditahan oleh bego.

Teddy Rahman selaku humas proyek Jembatan Tanggulangin II mengatakan, pemasangan ini akan memamkan waktu kurang lebih sekitar dua jam. Itupun tergantung cuaca yang terjadi dilapangan.  Pihaknya juga melakukan penutupan arus jalan utama menuju ke Kudus. hal itu dikarenakan pihaknya menurunkan dua unit kraine, satu unit truk untuk memuat kerangka jembatan.

”Kami akan melakukan kontraflow untuk mengatur arus lalulintas dari arah demak menuju Kudus,” ungkapnya.

Sementara itu, Iptu Sulis Kanit Patwal Polres Kudus mengatakan, melakukan kontraflow untuk mengurai kemacetan lalulintas pada jalan utama. Sehingga arus kendaraan dari Demak akan dialihkan menuju sisi timur Jembatan Tanggulangin. Pihaknya juga melakukan bekerjasama dengan Polres Demak untuk mengatur kondisi lalulintas kemarin.

Brigadir Andika selaku petugas dari Polres Demak yang mengatur lalulintas dari arah Demak mengatakan, kondisi pengalihan arus ini tak bisa diprediksi lamanya. Ia juga menegaskan jika pengerjaan sudah selesai jalur utama akan dibuka lagi. Itupun sesuai ijin dari pihak proyek.

”Penumpukan kendaraan akan diprediksi naik ketika menjelang pukul 16.00. karena banyak orang yang pulang kerja,” katanya.

Rencannya Jembatan Tanggulangin II ini akan tersambung pada awal April. Jembatan akan memiliki lebar hampir 11,5 meter. Kemudian untuk rincian lebar jalannya mencapai 9 meter. (gal).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here