Beranda Pati Pentol Godi Dilengkapi Ornamen Tembaga

Pentol Godi Dilengkapi Ornamen Tembaga

9
0

KOTA – Gapura masuk kota di sebelah utara Pati atau Pentol Godi dan sebelah timur di Blaru kini rampung dikerjakan. Rekanan tinggal memasang sabuk tembaga di empat pilar yang kini masih dikerjakan di bengkel. Meski demikian, gapura masuk kota kini kian indah.
Berdasarkan pantauan kemarin, pekerjaan dua gapura sudah selesai dikerjakan. Pekerja sudah mulai membersihkan material di sekitar gapura. Tampilan gapura itu sudah terlihat ciamik. Berbeda dengan gapura lama yang kumuh dan tak enak dipandang. Tak hanya tampilan, tulisan digapura tersebut juga sudah berubah.
Jika sebelumnya di lengkung gapura tertulis hanya Pati Bumi Mina Tani. Kini dirubah. Di kedua lengkung gapura diberikan tulisan Selamat Datang di Kota Pati di sisi selatan dan Pati Bumi Mina Tani di sisi utara. Di atas lengkung dilengkapi mahkota di atas logo kabupaten dengan ornamen menyala.
Sedangkan di lengkung dilengkapi ornamen tembaga. Tulisan di tengah lengkung berwarna pink. Beberapa ornamen juga dipasang di pilar. Sementara itu di atas pilar berwarna putih ada bola beton yang dicat dengan warna emas. Di bawah beton nantinya ada sabuk yang kini masih dikerjakan di bengkel.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pati Ahmad Faisal melalui Pengawas Lapangan Ariyanto Wibowo menuturkan, gapura didesain dengan kekhasan Pati. Tembaganya dari Juwana. Warna gapura itu abadi diharapkan tetap bersinar. Sedangkan sabuk tembaga untuk memperindah dan memperkokoh kolom yang ada di empat pilar.
“Tulisan yang berwarna pink itu untuk mempercantik dan terkesan lembut. Karena warna hitam tembaga bersifat keras. Warna pink pada tulisan itu biar terkesan feminim dan cantik. Di gapura itu juga dilengkapi lampu-lampu termasuk lampu bias untuk mempercantik gapura pada malam hari,” ungkapnya.
Terkait sabuk yang akan dipasang di kolom, masih diperbaiki di bengkel. Karena sebelumnya ukurannya kurang sesuai antara gapura utara dengan gapura selatan Setelah selesai, nanti diserahterimakan dengan rekanan.
Kedua gapura itu direnovasi dengan anggaran APBD Pati Rp 199 juta. Renovasi gapura bagian utara dan selatan masuk Kota Pati itu sudah dikerjakan sebelum puasa dan dilanjutkan pascalebaran. Kini sudah rampung. Dengan renovasi itu, harapannya bisa mempercantik perwajahan masuk kota Pati. (put/him)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here